Pertalite Springbed – Tidur adalah aktivitas yang wajib dilakukan setiap orang agar dapat menjalani rutinitas dengan baik.Tidur yang cukup pada malam hari adalah syarat agar kegiatan yang dilakukan siangnya dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, kualitas tidur malam yang buruk dapat memunculkan berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan. Penyakit yang dapat muncul karena ini antara lain diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

Tidur yang tidak nyenyak di malam hari juga dapat mengakibatkan penurunan pada kesehatan mental dan menyebabkan susah berkonsentrasi. Salah satu cara agar tidur Anda nyenyak adalah dengan mengkonsumsi makan dan minuman yang dapat menambah kualitas tidur di pertalite springbed.

Makanan dan minuman yang dipilih saat sebelum tidur haruslah selektif. Berbeda jenis makanan akan menimbulkan perbedaan efek pada tubuh Anda. Misalnya saja jika sebelum tidur Anda mengkonsumsi makanan pedas, maka tidur akan terganggu karena dapat menimbulkan sakit perut.  Kalau Anda mengkonsumsi makanan yang kadar airnya tinggi, maka tidur akan terganggu karena akan sering terbangun untuk buang air kecil. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi agar kualitas tidur Anda dapat terjaga dengan baik.

  • Pasta

    Pasta adalah jenis makanan yang mengandung banyak karbohidrat yang dapat memberikan banyak energi bagi tubuh. Makanan yang seperti ini sangat cocok dikonsumsi saat pagi hari sebelum beraktivitas. Namun jika pasta dimakan saat malam hari, maka pelepasan energi yang akan terjadi saat orang seharusnya  tidur.

  • Peppermint

    Peppermint adalah tanaman aromatik yang memiliki bau yang enak, yaitu campuran antara spearmint dan water mint. Tanaman ini banyak memiliki fungsi yang berguna bagi tubuh diantaranya meredakan sakit perut, mual, sakit kepala dan hidung tersumbat. Namun peppermint juga dapat memicu munculnya heartburn pada area dada. Heartburn merupakan sensasi atau rasa panas seperti terbakar. Jika rasa ini terjadi di malam hari saat Anda sedang tidur, maka sudah pasti tidur Anda tidak akan terasa nyaman.

  • Buah Kering

    Buah kering berbeda dengan buah yang biasanya dikonsumsi. Buah kering merupakan buah yang sudah diproses dengan cara dikeringkan dengan alat pengering atau langsung terpapar sinar matahari sampai kering. Meski buahnya sudah mengering, namun rasa dan aroma tetap sama. Buah kering memiliki kandungan serat yang berbeda dengan buah segar pada umumnya. Serat pada buah kering dapat dapat memberikan tekanan pada sistem pencernaan. Selain itu, buah kering banyak mengandung gula.  Kedua kombinasi itu membuat buah kering tidak disarankan untuk dimakan beberapa jam sebelum tidur.

  • Seledri

    Seledri adalah tanaman hijau yang biasanya digunakan sebagai pelengkap agar masakan lebih sedap.Tanaman ini mengandung cukup banyak air. Kandungan air yang banyak ini dapat membuat Anda sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil.

  • Cokelat

    Kopi dan teh adalah minuman yang mengandung banyak kafein. Begitu pula dengan cokelat. Sebuah studi menyebutkan bahwa kafein yang terkandung dalam 150 ml coklat panas adalah sekitar 10 – 70 mg. Namun tentu saja kadar kafein tergantung juga pada jenis coklatnya. Asupan kafein akan membuat tidur Anda akan sering terjaga bahkan beberapa akan mengalami kesulitan tidur karena kafein.

  • Makanan pedas

    Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan mengapa tidak boleh memakan makanan pedas beberapa jam sebelum tidur. Pertama, makanan pedas dapat meningkatkan aliran darah pada tubuh Anda yang mana dapat membuat suhu tubuh meningkat. Kedua, makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat membuat perut iritasi dan mulas sehingga mengganggu saat akan tertidur nyenyak. Ketiga, makanan pedas mengandung anti-histamin yang dapat meningkatkan kesadaran pada tubuh sehingga lebih cenderung untuk terus terjaga dan ini dapat mengurangi jam tidur Anda.

  • Pizza

    Makanan Italia yang satu ini memang sangat menggoda jika dimakan saat malam hari sebelum tidur. Kalori yang dikandung oleh pizza membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Selain itu adanya topping dan tambahan keju juga dapat mengganggu kenyamanan tidur. Apalagi jika Anda memakannya dengan menggunakan saus tomat, rasa asam tomat dapat membuat sakit perut saat sedang terlelap tidur.

  • Roti Putih

    Roti putih adalah makanan yang cukup mengandung banyak karbohidrat. Mengkonsumsi makanan ini mungkin sangat enak untuk malam hari. Namun Anda harus memperhatikan kandungan gulanya karena dapat membuat Anda terjaga lebih lama sebelum tidur sehingga waktu tidur Anda akan terganggu. Jika Anda tetap ingin mengkonsumsi roti, maka pilihlah roti gandum jika ingin dimakan pada malam hari.

  • Sereal manis

    Memakan sereal sebelum tidur sebenarnya tidak disarankan. Kebanyakan sereal yang dijual di pasaran adalah sereal yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Sereal yang masih yang dicerna oleh tubuh saat ingin tidur akan dapat menghambat produksi hormon tidur. Pilihlah sereal yang rendah gula dan kaya serat untuk dikonsumsi pada malam hari.

  • Keju

    Bagi sebagian orang, keju adalah makanan favorit mereka, namun ada juga yang menghindari makanan ini karena mengandung banyak lemak dan garam. Keju juga mengandung suatu zat kimia yang disebut dengan tyramine. Dampak zat ini terhadap tubuh adalah dapat memicu otak untuk bekerja lebih keras. Hal ini dapat membuat seseorang yang mengkonsumsi keju sebelum tidur akan mengalami kesulitan karena otak tidak dapat rileks.

  • Gorengan

    Gorengan adalah makanan yang sudah diketahui banyak orang tidak baik untuk kesehatan namun masih banyak yang mengkonsumsi. Makan gorengan saat sebelum tidur dapat membuat organ tubuh mengalami perlambatan dalam proses istirahat. Gorengan juga mengandung banyak lemak yang akan membuat tubuh melakukan pencernaan lebih lama. Tubuh akan lebih fokus pada organ pencernaan dan membuat Anda kesulitan untuk tidur dengan nyenyak.

  • Jus Jeruk

    Mengkonsumsi jus jeruk saat sedang haus memang sangatlah lezat dan memuaskan. Namun jika Anda mengkonsumsi jus jeruk pada malam hari, maka tidur Anda akan terganggu. Buah jeruk memiliki kadar keasaman yang tinggi yang dapat memunculkan masalah pada Anda yang kandung kemihnya sensitif. Lebih baik diganti dengan satu buah apel agar tidak mengganggu kualitas tidur Anda.

  • Minuman bersoda

    Minuman bersoda mengandung banyak asam yang dapat merusak katup antara esofagus dan perut. Minuman jenis ini juga dapat meningkatkan tekanan yang terjadi di dalam perut sehingga perut dapat dengan mudah merasakan mulas. Selain itu minuman bersoda juga kaya akan gula yang dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak. Lebih baik minum air putih secukupnya daripada mengkonsumsi minuman bersoda sebelum tidur.

    Itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari agar Anda dapat tidur dengan pulas dan nyenyak. Kualitas tidur juga dapat menentukan kualitas dari kegiatan yang Anda lakukan sepanjang hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *